PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN BENTUK TES FORMATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.51499/cp.v1i1.25Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Bentuk Tes Formatif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Anova Dua JalurAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif dan bentuk tes formatif terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah Matematika berbentuk uraian bebas dan uraian terbatas yang telah diuji validitasnya dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.958. Analisis data menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan Fhitung = 167.253 dan sig = 0.000 < 0.05, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan bentuk tes formatif terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan Fhitung = 15.352 dan sig = 0.000< 0.05, (3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan interaksi pembelajaran kooperatif dan bentuk tes formatif terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa . Hal ini dibuktikan dengan Fhitung = 0.053 dan sig = 0.818>0.05. Hasil penelitian ini berguna untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW disamping memberikan bentuk tes formatif uraian bebas agar lebih maksimal.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
COPYRIGHT NOTICE
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.