PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN BENTUK TES FORMATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Nisa Ul Mushlihat

DOI:

https://doi.org/10.51499/cp.v1i1.25

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Bentuk Tes Formatif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Anova Dua Jalur

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif dan bentuk tes formatif terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah Matematika berbentuk uraian bebas dan uraian terbatas yang telah diuji validitasnya dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.958. Analisis data menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan Fhitung = 167.253 dan sig = 0.000 < 0.05, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan bentuk tes formatif terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan Fhitung = 15.352 dan sig = 0.000< 0.05, (3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan interaksi pembelajaran kooperatif dan bentuk tes formatif terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa . Hal ini dibuktikan dengan Fhitung = 0.053 dan sig = 0.818>0.05. Hasil penelitian ini berguna untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW disamping memberikan bentuk tes formatif uraian bebas agar lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-14

How to Cite

Mushlihat, N. U. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN BENTUK TES FORMATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Cakrawala Pedagogik, 1(1), 118–132. https://doi.org/10.51499/cp.v1i1.25