HUBUNGAN PENGUASAAN KOSA KATA DAN MEDIA BUKU HARIAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI SMK MULIA HATI INSANI WARUNGGUNUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Authors

  • Yeni Sulaeman

DOI:

https://doi.org/10.51499/cp.v1i1.17

Keywords:

Penguasaan Kosa Kata, Media Buku Harian, Keterampilan Menulis Cerpen.

Abstract

Hasil belajar menulis siswa kelas X SMK Mulia Hati Insani Warunggunung dalam menulis cerpen masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya penguasaan kosa kata siswa, kurangnya berlatih menulis cerpen, dan metode, teknik, dan strategi serta media pembelajaran yang digunakan kurang tepat dan menarik. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis (1) hubungan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen; (2) hubungan media buku harian terhadap keterampilan menulis cerpen; (3) hubungan menulis cerpen yang menggunakan media buku harian dan penguasaan kosa kata terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMK Mulia Hati Insani Warunggunung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Survei digunakan untuk menyelidiki hubungan antara variabel, dan teknik korelasi digunakan untuk pengujian hipotesis mengenai hubungan antara variabel bebas dan terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen dengan nilai signifikansi 0.013; (2) terdapat hubungan media buku harian terhadap keterampilan menulis cerpen dengan nilai signifikansi 0.817; (3) terdapat hubungan menulis cerpen yang menggunakan media buku harian dan penguasaan kosa kata terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMK Mulia Hati Insani Warunggunung dengan nilai signifikansi sebesar 0.000.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-13

How to Cite

Sulaeman, Y. (2018). HUBUNGAN PENGUASAAN KOSA KATA DAN MEDIA BUKU HARIAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI SMK MULIA HATI INSANI WARUNGGUNUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Cakrawala Pedagogik, 1(1), 16–30. https://doi.org/10.51499/cp.v1i1.17