DESAIN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBATUAN APLIKASI COMIC LIFE 3 PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

  • Badri Munawar STKIP Syekh Manshur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil efektivitas dari penggunaan Comic Life 3 dalam proses pembelajaran. Penggunaan Gambar komik dalam proses pembelajaran  adalah untuk memperkaya imaginasi dan kreativitas mahasiswa di era Teknologi. Permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran di PGPAUD adalah minimnya akses untuk mengoperasikan bahan ajar berbasis digital, meskipun sudah tersedia sarana seperti laptop atau projektor. Proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam pendidikan anak usia dini yang di blanded bermain dengan pembelajaran memakai Gambar komik akan memudahkan mahasiswa atau calon guru memperkaya bahan ajar. Peneliti menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian yaitu 20 Mahasiswa PGPAUD di STKIP Syekh Manshur.  Hasil dari penelitian yang dilakukan pada tahapan Evaluation menunjukkan keberhasilan sebanyak 87.7% yang dapat dikategorikan sangat tinggi. Bahan ajar digital yang menggunakan bantuan aplikasi Comic Life 3 dianggap efektif untuk digunakan oleh Mahasiswa PGPAUD.

Published
2020-10-31
How to Cite
Munawar, B. (2020). DESAIN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBATUAN APLIKASI COMIC LIFE 3 PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Cakrawala Pedagogik, 4(2), 163-177. https://doi.org/https://doi.org/10.51499/cp.v4i2.163