PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.147Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Project Based Learning.Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, refleksi, dan resi.. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi aktitas siswa selama kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa pemahaman dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu, prasiklus nilai rata-rata 59,00 dengan ketuntasan (12,54%), siklus I nilai rata-rata 68,38 dengan tingkat ketuntasan (54,85%), dan siklus II nilai rata-rata 79,31 dengan tingkat ketuntasan (100 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
COPYRIGHT NOTICE
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.