PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Ratna Dewi

DOI:

https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.147

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Project Based Learning.

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, refleksi, dan resi.. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi aktitas siswa selama kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa pemahaman dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu, prasiklus nilai rata-rata 59,00 dengan ketuntasan (12,54%), siklus I nilai rata-rata 68,38  dengan tingkat ketuntasan (54,85%), dan siklus II nilai rata-rata 79,31 dengan tingkat ketuntasan (100 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan Model Pembelajaran Project  Based Learning   dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar.

Downloads

Published

2020-06-23

How to Cite

Dewi, R. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Cakrawala Pedagogik, 4(1), 112–120. https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.147