IMPLEMENTASI ICE BREAKING PADA MATA KULIAH MATEMATIKA 3 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP SYEKH MANSHUR
DOI:
https://doi.org/10.51499/cp.v3i2.108Keywords:
ice breaking, mata kuliah Matematika 3Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi ice breaking pada mata kuliah Matematika 3 di Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Syekh Manshur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 7 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling dari 23 mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Syekh Manshur tahun akademik 2018/2019. Data hasil penelitian dianalisis dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ice breaking pada mata kuliah Matematika 3 dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menghilangkan rasa bosan, mengembalikan perhatian/konsentrasi, memberikan rasa senang, semangat, ceria, dan mendukung kondusifitas perkuliahan di kelas. Hasil ini juga sejalan dengan peningkatan hasil perkuliahan yang berada pada nilai rerata baik, yaitu sekitar 70 - 89.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
COPYRIGHT NOTICE
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.