IMPLEMENTASI ICE BREAKING PADA MATA KULIAH MATEMATIKA 3 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP SYEKH MANSHUR

Authors

  • Linda Linda

DOI:

https://doi.org/10.51499/cp.v3i2.108

Keywords:

ice breaking, mata kuliah Matematika 3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi ice breaking pada mata kuliah Matematika 3 di Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Syekh Manshur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 7 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling dari 23 mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Syekh Manshur tahun akademik 2018/2019. Data hasil penelitian dianalisis dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ice breaking pada mata kuliah Matematika 3 dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menghilangkan rasa bosan, mengembalikan perhatian/konsentrasi, memberikan rasa senang, semangat, ceria, dan mendukung kondusifitas perkuliahan di kelas.  Hasil ini juga sejalan dengan peningkatan hasil perkuliahan yang berada pada nilai rerata baik, yaitu sekitar 70 - 89.

Downloads

Published

2019-10-16

How to Cite

Linda, L. (2019). IMPLEMENTASI ICE BREAKING PADA MATA KULIAH MATEMATIKA 3 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP SYEKH MANSHUR. Cakrawala Pedagogik, 3(2), 110–117. https://doi.org/10.51499/cp.v3i2.108