UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (Studi di Kelas XI IPA SMAN 1 Pandeglang)

Authors

  • Budi Hartono

DOI:

https://doi.org/10.51499/cp.v3i2.103

Keywords:

hasil belajar Matematika, Contextual Teaching and Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui penerapan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pandeglang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus. Hasil evaluasi pada prasiklus menunjukkan persentase siswa yang mencapai nilai lebih dari ? 7,5  hanya 51 siswa dengan ketuntasan 29,41%. Dari hasil evaluasi pelajaran Matematika pada siklus satu, menunjukkan persentase siswa yang mencapai nilai ? 75 mencapai 52,94%, atau 92 siswa. Dari hasil evaluasi pelajaran Matematika di siklus dua, jumlah siswa yang telah mencapai ? 75 berjumlah 154 siswa atau 88,23%. Hasil ini menunjukkan ketuntasan secara klasikal sudah berhasil karena batas ketuntasan yaitu ? 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-10-16

How to Cite

Hartono, B. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (Studi di Kelas XI IPA SMAN 1 Pandeglang). Cakrawala Pedagogik, 3(2), 71–75. https://doi.org/10.51499/cp.v3i2.103