Logo Stkip Syekh Manshur

STKIP Syekh Manshur

Tim Satgas PPKS Bekerjasama dengan BAAK STKIP Syekh Manshur Sosialisasikan Pengisian Modul PPKS 2024 Melalui eLearning dan Pembuatan Akun Spada Indonesia

Pandeglang, 15 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan mahasiswa untuk era digital, Tim Satuan Tugas (Satgas PPKS) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual STKIP Syekh Manshur berkolaborasi dengan Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) melaksanakan sosialisasi pengisian modul Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) 2024 melalui platform eLearning STKIP Syekh Manshur. Kegiatan ini juga mencakup pembuatan akun Spada Indonesia guna mendukung program kuliah daring Merdeka Belajar.

Acara sosialisasi yang berlangsung di ruang 5-6 atau gedung micro teaching selama 3 hari ini dihadiri oleh para mahasiswa dari lima program studi pendidikan bahasa inggirs sebayak 35 orang, prodi pendidikan matematika sebayak 40 orang, prodi pendidikan PJKR sebayak 50 orang, prodi PAUD dan PGSD sebanyak 150 orang peserta. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Ketua STKIP Syekh Manshur, Dr. H. Masrupi, M.Pd., yang menekankan pentingnya adaptasi terhadap teknologi dalam proses pembelajaran. “Di era digital ini, kemampuan untuk menggunakan teknologi dalam belajar menjadi keharusan. Melalui platform eLearning dan Spada Indonesia, kami berharap mahasiswa dapat lebih mandiri dan kreatif dalam belajar,” ujarnya.

Sosialisasi ini difokuskan pada pengenalan dan tata cara pengisian modul PPKS 2024 yang telah terintegrasi dalam sistem eLearning STKIP Syekh Manshur. Tim Satgas memberikan panduan langkah demi langkah mengenai cara mengakses, mengisi, dan menyelesaikan modul tersebut. Modul PPKS ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan kekerasan seksual setingkat mahasiswa, sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Selain itu, peserta sosialisasi juga diajarkan cara membuat dan mengaktifkan akun di Spada Indonesia, sebuah platform pembelajaran daring yang mendukung program Merdeka Belajar. Dengan memiliki akun Spada Indonesia, mahasiswa STKIP Syekh Manshur dapat mengakses berbagai mata kuliah daring yang ditawarkan oleh perguruan tinggi lain di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan semangat Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memberikan kebebasan bagi mahasiswa dalam memilih mata kuliah sesuai minat dan kebutuhan mereka.

“Saya sangat antusias dengan program ini. Dengan adanya eLearning dan Spada Indonesia, saya bisa belajar dari berbagai sumber dan mengembangkan diri lebih maksimal,” kata Ratu, salah satu mahasiswi peserta sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, dimana para peserta dapat mengajukan berbagai pertanyaan terkait teknis pengisian modul dan penggunaan platform eLearning serta Spada Indonesia. Tim Satgas dan BAAK berharap bahwa melalui sosialisasi ini, mahasiswa STKIP Syekh Manshur dapat lebih siap menghadapi tantangan pendidikan di era digital dan memanfaatkan peluang yang ada untuk mengembangkan kompetensi mereka secara lebih luas.

Kabar Sekolah Lainnya