Visi Program Studi Pendidikan Olahraga

Program Studi Pendidikan Olahraga menganut visi, membangun profesionalisme Sumber Daya Manusia bidang Ilmu Keguruan dan Ilmu Kependidikan melalui proses pengembangan pengetahuan, pengalaman dan peningkatan keterampilan yang bernuansakan IPTEK dan berdasarkan iman dan taqwa Kepada Tuhan YME dalam meningkatkan ketangguhan sumber daya manusia dalam membangun bangsa.

Misi Program Studi Pendidikan Olahraga

Program Studi Pendidikan Olahraga berupaya untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan Negara dengan cara :

  1. Menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Olahraga yang mampu menunjang pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan di bidang Ilmu Kependidikan yang berdaya guna bagi masyarakat banyak.
  2. Menciptakan suatu sistem kegiatan akademis yang memiliki keterkaitan dan relevansi tinggi yang memenuhi kebutuhan pembangunan sumber daya manusia yang berjiwa nasional sehingga dapat menciptakan keunggulan-keunggulan yang dapat membawa nama bangsa Indonesia ke tingkat regional dan intemasional.
  3. Menyediakan sarana dan prasarana yang terkait dengan ilmu pengetahuan, dalam meningkatkan pengalaman dan keterampilan, teknologi, komunikasi dan lingkungan yang kondusif untuk membangun suatu kegiatan akademis yang efektif dan efisien dalam rangka menghasilkan suatu lulusan yang bermutu dan akuntabel bagi masyarakat.
  4. Program Studi Pendidikan Olahraga berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menjamin kemuktahiran ilmu pengetahuan, keterampilan, dan teknologi.

Tujuan Program Studi Pendidikan Olahraga

Program Studi Pendidikan Olahraga bertujuan untuk menghasilkan sarjana kependidikan yang memiliki kompetensi utama, pendukung, dan kompetensi lainnya sebagai berikut :

  1. Mampu berpikir, berperilaku, bersikap, dan bertindak sebagai seorang yang memiliki kecukupan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan teknologi yang tercermin dalam performansinya dengan sebaik-baiknya.
  2. Mampu membuat perencanaan, melakukan penelitian, menggunakan peralatan, kreatif dan memiliki motivasi tinggi untuk berkembang sehingga tidak nampak kerdil baik secara internal maupun eksternal.
  3. Mampu menyelesaikan berbagai masalah menyangkut keilmuan dan keterampilan serta teknologi bidang ilmu kependidikan untuk melakukan pengembangan baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.
  4. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan teknologi menyangkut bidang  keahlian secara bersama-sama di tengah-tengah masyarakatnya.