PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.127Keywords:
Model Pembelajaran, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan hasil belajar matematika siswa pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini eksperimen dilakukan dengan membandingkan dua buah model pembelajaran yaitu model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dan model pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, mempunyai tiga variabel yaitu model pembelajaran, Kemandirian Belajar dan hasil belajar matematika. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan data diantaranya: pengujian normalitas dan reliabilitas. Hasil pengujian hipotesis pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika (3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
COPYRIGHT NOTICE
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.