PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Authors

  • Ai Solihah

DOI:

https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.127

Keywords:

Model Pembelajaran, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan hasil belajar matematika siswa pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini eksperimen dilakukan dengan membandingkan dua buah model pembelajaran yaitu model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dan model pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, mempunyai tiga variabel yaitu model pembelajaran, Kemandirian Belajar dan hasil belajar matematika. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan data diantaranya: pengujian normalitas dan reliabilitas. Hasil pengujian hipotesis pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika (3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-07

How to Cite

Solihah, A. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Cakrawala Pedagogik, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.127