IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TEMA KRISIS SUMBER ENERGI LISTRIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX

Authors

  • Endin Muhidin

DOI:

https://doi.org/10.51499/cp.v1i2.73

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Krisis Sumber Energi Listrik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IX pada tema krisis sumber energi listrik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa diteliti dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain “the static group pretest-postest design” yang melibatkan 30 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol di SMP Negeri 1 Saketi Kabupaten Pandeglang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal-soal yang dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis dalam bentuk soal pilihan jamak, lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) layak digunakan sebagai alternatif model pembelajaran. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis. Peningkatan keterampilan berpikir kritis menunjukkan N-gain rata-rata sebesar 0,73 (73%) dengan kategori tinggi. Uji signifikansi menggunakan uji t setelah data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis secara signifikan.

Downloads

Published

2018-10-31

How to Cite

Muhidin, E. (2018). IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TEMA KRISIS SUMBER ENERGI LISTRIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX. Cakrawala Pedagogik, 1(2), 339–352. https://doi.org/10.51499/cp.v1i2.73