PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.51499/cp.v1i2.59Keywords:
media pembelajaran interaktif, konstruktivismeAbstract
Penelitian ini berawal dari proses pembelajaran terkait materi prisma dan limas, untuk memvisualisasikan objek-objek yang diinginkan diperlukan media untuk membelajarkannya kepada siswa dan rendahnya kemampuan siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan yang dapat mempengaruhi kualitas belajar siswa sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut dilakukan dengan pendekatan konstruktivisme berbantuan media pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis konstruktivisme yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Tjeerd Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu fase investasi awal, fase pengembangan atau pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Pada fase investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis konsep terkait permasalahan yang terdapat dalam pembelajaran matematika. Pada fase pengembangan atau pembuatan prototipe dilakukan perencangan media pembelajaran interaktif berbasis konstruktivisme. Media pembelajaran interaktif berbasis konstruktivisme divalidasi oleh ahli matematika, ahli media, dan bahasa. Kepraktisan dilihat melalui hasil analisis observasi pelaksanaan pembelajaran, wawancara dan angket respon siswa dan guru. Keefektifan dilihat melalui hasil analisis observasi aktivitas dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes akhir. Data yang terkumpul dianalisis untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh media pembelajaran intaraktif berbasis konstruktivisme yang valid. Media pembelajaran interaktif juga praktis berdasarkan hasil analisis terhadap angket respon guru, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Selain itu penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis konstruktivisme telah dinyatakan efektif berdasarkan proses pembelajaran yang membaik dan perolehan hasil belajar dengan 80,77% siswa yang tuntas dan aktivitas siswa menunjukkan peningkatan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
COPYRIGHT NOTICE
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.