HIERARKI PRIORITAS MATERI PENDIDIKAN PADA ANAK USIA 6-12 TAHUN (Kajian Q.S Luqman Ayat 12-15)

Authors

  • Ade Farid Hasyim STKIP Syekh Manshur

DOI:

https://doi.org/10.51499/cp.v2i1.36

Abstract

Penelitian ini membahas studi Al-Qur’an Kajiannya dilatarbelakangi oleh materi Pendidikan anak yang terdapat dalam Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana materi pendidikan anak dan hierarki prioritas materi pendidikan pada anak usia 6-12 tahun dalam QS. Luqman ayat 12-15.Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adanya orangtua yang kurang faham bagaimana cara mendidik anak yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman,seperti apa yang dikonsepkan Luqman kepada anaknya. Padahal jika kita kembali bagaimana sebenarnya pedoman hidup manusia adalah Al-qur’an, dan didalammnya terdapat surah Luqman yang memberikan konsep pendidikan anak sesuai dengan konsep Islam. Penelitian ini dibatasi, pada pembahasan Hierarki Prioritas Pendidikan Pada anak Usia 6-12 tahun dengan mengkaji surah Luqman ayat 12-15. Hasil penelitian menyebutkan bahwa dalam surah Luqman ayat 12-15 terlihat adanya materi pendidikan anak usia 6-12 tahun meliputi aspek akidah (iman kepada Allah SWT, kitab suci, Rasul) Syari’ah (Shalat), dan akhlak (akhlak personal meliputi berbakti kepada kedua orangtua, dan akhlak sosial meliputi berbuat baik kepada sesama manusia dalam bentuk perilaku dan tutur kata).  Pendidikan anak sebagaimana yang dicontohkan luqman yakni dengan memberikan dasar keyakinan tauhid pada usia dini anak, sungguh akan memberikan dampak yang sangat besar bagi perkembangan keberagamaan anak selanjutnya, sehingga ketika anak dewasa dan menerima berbagai macam ilmu dia akan tetap meletakkan dan mengamalkannya diatas dasar keimanannya dan ilmu yang demikianlah kiranya yang akan mampu memberikan kepada pemiliknya keselamatan dan kesejahteraan dunia akhirat.

Downloads

Published

2018-05-26

How to Cite

Hasyim, A. F. (2018). HIERARKI PRIORITAS MATERI PENDIDIKAN PADA ANAK USIA 6-12 TAHUN (Kajian Q.S Luqman Ayat 12-15). Cakrawala Pedagogik, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.51499/cp.v2i1.36