MODEL PENANAMAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN METODE TILAWATI

  • Dede Imtihanudin
Keywords: Pembelajaran, Al Qur’an, Karakter, Tilawati.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model penanaman karakter dalam pembelajaran Al Qur’an melalui metode Tilawati, juga untuk mengetahui nilainilai karakter seperti apa yang dapat ditanamkan dari pembelajaran AL Qur’an melalui metode tilawati. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan populasinya adalah lembaga-lembaga mitra binaan Tilawati Center Kota Serang, Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer, data yang dikumpulkan langsung oleh peneliti dengan melakukan pengamatan langsung dan wawancara dengan para guru dan trainer metode tilawati. Hasil penelitian menyatakan bahwa Pembelajaran AL Qur’an dengan menggunakan Metode Tilawati dapat menanamkan karakter sebagai berikut : hormat kepada guru, kasih sayang antar sesama, gotong royong, tanggung jawab, mandiri, berani, tertib, disiplin, adil, tawakkal kepada Allah, sabar, patuh, kebersamaan, gemar membaca, kerja keras, rasa ingin tahu, semangat belajar, fokus,  demokratis, toleran, cinta damai, dan peduli.

Published
2020-06-23
How to Cite
Imtihanudin, D. (2020). MODEL PENANAMAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN METODE TILAWATI. Cakrawala Pedagogik, 4(1), 106-112. https://doi.org/https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.146