UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGMI SEMESTER III STAI SYEKH MANSHUR PADA MATA KULIAH MATEMATIKA II MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS)

  • Linda Linda
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar, Matematika II

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek yang dijadikan penelitian adalah mahasiswa PGMI semester III STAI Syekh Manshur tahun akademik 2019/2020 dengan jumlah mahasiswa laki-laki 2 orang dan perempuan 15 orang. Pengambilan data dilakukan selama satu semester dengan empat siklus. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar mahasiswa PGMI semester III STAI Syekh Manshur pada mata kuliah matematika II melalui model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray). Analisis hasil penelitian berdasarkan data observasi aktivitas dan tes disetiap siklus. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa untuk aktivitas pembelajaran di perkuliahan matematika II adalah siklus I 47%, siklus II 67%, siklus III 88%,  dan siklus IV 95 %. Hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika II menunjukkan bahwa siklus I 12%, siklus II 88%, siklus III 100% dan siklus IV 100%.  Dengan demikian simpulan yang didapat pada penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa PGMI semester III STAI Syekh Manshur.

 

Published
2020-06-23
How to Cite
Linda, L. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGMI SEMESTER III STAI SYEKH MANSHUR PADA MATA KULIAH MATEMATIKA II MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS). Cakrawala Pedagogik, 4(1), 91-98. https://doi.org/https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.144