PENERAPAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA

  • Ani Miyasih Trisnawati
Keywords: Metode Student Team Achievement Division

Abstract

Dari hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motvasi belajar PKN siswa dikelas dilihat adanya peningkatan, dimana pada pertemuan pertama 50% siswa yang keaktifan dan kerjasama masih kurang baik berkurang menjadi 10% pada pertemuan ketiga. Pada pertemuan pertama 50% siswa yang keaktifan dan kerjasama baik dan sangat baik mengalami peningkatan menjadi menjadi 90% pada pertemuan ketiga. Dari hasil peningkatan tersebut maka dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD sudah dpt dikatakan meningkat motivasi belajar. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN. Dengan menggunakan metode STAD dapat meningkatkan prestasi belajar. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pra tindakan dan setelah tindakan. Dilihat nilai rata-rata Siklus 1 adalah 88 sedangkan nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 73. Sehingga kemampuan prestasi belajar mengalami peningkatan dan tercapainya taraf ketuntasan belajar, yaitu 75. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN.

Published
2020-05-20
How to Cite
Trisnawati, A. (2020). PENERAPAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA. Cakrawala Pedagogik, 4(1), 56-64. https://doi.org/https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.136