Announcements

Journalism & Publishing

2020-01-24

PEDOMAN PENULISAN PADA CAKRAWALA PEDAGOGIK

  1. Artikel yang dikirim belum pernah diterbitkan oleh jurnal/media lain dan tidak memiliki unsur plagiat.
  2. Artikel diketik pada kertas ukuran A4 dengan menggunakan pola justify, jenis huruf Arial ukuran 11 dengan spasi 1,5 kecuali untuk abstrak dengan spasi 1. Batas pengetikan atau pias yaitu 3,5 cm untuk pias atas dan kiri, dan 3 cm untuk pias bawah dan kanan. Jumlah halaman maksimal 15 (termasuk tabel dan daftar pustaka), judul maksimal 15 kata, abstrak 100-200 kata, dan kata kunci 3-5 kata.
  3. Nama penulis ditulis tanpa gelar, di bawah nama penulis dicantumkan nama dan alamat institusi, nomor telepon, dan alamat surel.  
  4. Judul, abstrak, dan kata kunci ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris.
  5. Isi artikel ditulis dengan pedoman berikut: Abstrak (ditulis dalam satu paragraf menyampaikan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian); Pendahuluan (berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan hipotesis penelitian (jika ada)); Kajian Teoretik (berisi kajian teori dan hasil penelitian yang relevan (diutamakan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal)); Metode Penelitian (berisi jenis penelitian, subjek/objek penelitian, tempat dan waktu penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data); Hasil dan Pembahasan (berisi hasil penelitian dan pembahasan); Simpulan (berisi esensi hasil penelitian dan rekomendasi); dan Daftar Pustaka (diutamakan yang mutakhir).
  6. Sistem notasi ilmiah menggunakan catatan akhir kalimat atau endnote, dengan mencantumkan nama belakang penulis, tahun terbit, dan halaman.
  7. Daftar pustaka ditulis dengan menggunakan aturan berikut:

Buku:

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.

Karya Terjemahan:

Denzin, Norman K., Yvonna S. Lincoln. Handbook of Qualitative Research, Terjemahan Dariyatno, Badrus Samsul Fata, dan John Rinaldi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Artikel dalam Jurnal:

Robihim. “Komunikasi Budaya antara Jepang dan Indonesia” dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume X, Nomor 2, 2011.  

Koran dan Majalah:

Elfindri. “Urgensi Pendidikan PAUD.” Republika, 16 Januari 2014.

Artikel di Internet:

Zakhir, Maroune. “Equivalence.” http://www.translationdirectory.com (Diakses 7 Juli 2012).    

Artikel dalam Jurnal di Internet:

Supriadi. “Restructuring the Schoolbook Provision System in Indonesia,” dalam Educational Policy Analysis. http://www.epaa.asu.edu (Diakses 7 Mei 2012). 

Skripsi, Tesis, atau Disertasi:

Ma’mur, Ilzamudin. ”The Ability to Translate Informative Text from Indonesia into English (A Survey at English Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sultan Ageng Tirtayasa University, Serang – Banten)." Disertasi, Universitas Negeri Jakarta, 2008.

Publikasi atau Dokumen Lembaga:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Petunjuk Pelaksanaan Beasiswa. Jakarta, 2013.

Read more about Journalism & Publishing

Current Issue

Vol 4 No 1 (2020): Cakrawala Pedagogik

Jurnal Pendidikan dan Penelitian

Published: 2020-06-23

Artikel

View All Issues