PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SMPN 3 CIGEULIS TAHUN 2015

Authors

  • Dudung Mulyadi

DOI:

https://doi.org/10.51499/cp.v2i1.40

Keywords:

Kompetensi Guru, RPP, Bimbingan Berkelanjutan.

Abstract

Kegiatan merencanakan merupakan upaya sistematis dalam upaya mencapai tujuan. Memiliki guru yang mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum merupakan harapan bagi Kepala Sekolah pemimpin pada tingkat satuan pendidikan. Namun, pada kenyataannya masih saja ditemukan adanya guru  yang belum mampu melakukan hal tersebut, salah satunya dalam membuat perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yang baik diharapkan akan mempermudah pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Bimbingan berkelanjutan merupakan pemberian bantuan  yang diberikan oleh Kepala Sekolah kepada guru secara berkelanjutan berlangsung secara terus menerus untuk dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal sehingga mereka mampu menyusun RPP tepat waktu sesuai dengan standar proses.Penelitian dilaksanakan dilaksanakan di SMP Negeri 3 Cigeulis  Kabupaten Pandeglang pada tahun 2015 dengan subjek penelitian guru SMP Negeri 3 Cigeulis yang berjumlah 9 (sembilan) orang tenaga honorer. Penelitian Tindakan Sekolah  dilaksanakan melalui dua  siklus  untuk melihat   peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Penelitian dilaksanakan 2 siklus,  setiap siklus terdiri atas dua kali bimbingan pertemuan. Adapun tujuan utama Penelitian Tindakan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP sesuai standar proses. Masalah utama penelitian ini adalah (1) Apakah bimbingan berkelanjutan mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP? (2)Bagaimanakah langkah-langkah pemberian bimbingan berkelanjutan yang da­pat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP?”.Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa (1) Bimbingan berkelanjutan  dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP dengan lengkap. Hal itu dapat dibuktikan  dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan  kompetensi guru dalam menyusun  RPP dari siklus ke siklus . (2) Langkah-langkah pemberian bimbingan berkelanjutan yang dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP adalah mengumpulkan semua guru, memberikan informasi tentang RPP sesuai dengan standar proses, memberikan kesempatan guru untuk memahami pedoman penyusunan RPP, memberikan kesempatan untuk bertanya, memberikan tugas menyusun RPP, melakukan bimbingan kepada setiap guru, menjelaskan kembali substansi RPP kepada semua guru bila ada guru yang minta penjelasan, memberikan penguatan tentang penyusunan RPP sesuai dengan standar proses.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-05-28

How to Cite

Mulyadi, D. (2018). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SMPN 3 CIGEULIS TAHUN 2015. Cakrawala Pedagogik, 2(1), 47–60. https://doi.org/10.51499/cp.v2i1.40